Sunday, December 4, 2016

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ajeran




Berikut ini adalh klasifikasi tanaman ajeran.
·         Divisi               : Magnoliophita
·         Kelas               : Magnoliopsida
·         Sub Kelas        : Asteridae
·         Ordo                : Asterales
·         Familia            : Asteraceae
·         Marga              : Bidens
·         Jenis                : Bidens pilosa L.
     Nama Lokal :Acerang, Hareuga(Sunda), Ambong-ambong, Jaringan, Ketul(Jawa), Lanci Thuwa(Madura)



Deskripsi
           Ajeran termasuk tumbuhan liar dan banyak di temui di pinggir jalan. Kadang-kadang ditanam di halaman, sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini tergolong terna, tinggi dapat mencapai 150 cm. Batang berbetuk segi empat warna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bulat telur, pinggir bergerigi. Bunga bertangkai panjang, mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning. Bagian yang digunakan seluruh bagian tumbuhan yang berada diatas tanah (herba).
              Tanaman ajeran memiliki dua varietas yang cukup dikenal masyarakat, yaitu jintan hitam dan jintan putih. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah biji, baik sebagai bahan rempah dapur ataupun obat. Beberapa penyakit yang bisa diobati jintan sebagai tanaman obata antara lain sakit kepala, asma dan batuk, sariawan, borok, perut kembung, dan demam.

Kandungan
        Ajeran mengandung unsur kimia Phitosterin-B, unsur ini memiliki rasa pahit, agak dingin. Unsur kimia ini berfungsi untuk menurunkan panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), melancarkan peredaran darah dalam tubuh, serta menghentikan pendarahan.
       Senyawa antioksidan utama: kuersetin 3-0-rabinobioside; kuersetin 3-0-rutinoside; adam klorogenat; 3,4-di-0-caffeoylquinic acid; 3,5-di-0-caffeoylquinic acid; 4,5-di-0-caffeoylquinic acid. Senyawa lain, heptanyl 2-0-beta-xylofuranosyl-(l6)-beta-glucopyranoside, jacein, dan centaurein. Penelitian juga menyebutkan kandungan senyawa fenol yaitu quercetin 3-Orabinobiosid.
          Akarnya mengandung senyawa quercetin 3,3’-dimethyl ether, yaitu 7-0-a-d-rhamnopyranosyl-(l6)-ß-d-glucopyranoside dan 7-0-ß-d-glucopyranoside. Ajeran juga mengandung senyawa dua poliasetilenik yang teridentifikasi pada fraksi butanol. Senyawa itu berperan dalam pencegahan awal terjadinya diabetes.

Ajeran dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti:
  • Salesma dan Demam
  • Usus Buntu
  • Demam, Influenza, dan Sakit Tenggorokan
  • Infeksi Hepatitis
  • Mencret 
  • Radang Usus Buntu
Load disqus comments

0 comments