Saturday, December 30, 2017

Gede Kalori Minim Nutrisi

Makanan merupakan kebutuhan umat manusia untuk dapat bertahan hidup namun tidak semua makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang. Akibat kekurangan gizi yang paling sederhana adalah kekurangan tenaga, tubuh gemuk tapi anemia, perubahan perilaku, dan lainnya.

Berikut makanan yang enak di lidah namun miskin nutrisi:

1. Fastfood/ makanan cepat saji

Pasti pernah ya gan makan di K**, M*D, dan temen-temannya. Makanan yang mudah didapatkan khususnya di kota-kota besar dengan harga yang masih terjangkau dan rasanya bikin nagih ini mengandung sedikit sekali nutrisinya. Kalau cuma sekali-kali sih gak apa-apa gan yang penting diimbangi dengan sayur/ buah dan olahraga ya.

2. Mie Instan

Ini makanan yang paling mudah ditemukan hanya dengan uang lima ribu rupiah agan udah bisa beli 2 bungkus dan tersedia disetiap supermarket, minimarket, sampe toko kelontong pasti jual. Beberapa juga uda menganggap mie sebagai makanan pokok, nah loh. Memang sih praktis, murah, dan enak tapi ingat berobat kelak akan lebih mahal jika agan uda nabung untuk merusak tubuh.

3. Cilok, cimol, cilor, dan teman ci.... lainnya

Jajanan unyu-unyu ini biasanya ada di gang-gang komplek atau di pinggir jalan. Beli goceng ya bang uda dapat aci yang digoreng dengan segala bumbu-bumbunya. Kenyal-kenyal emang enak di mulut apalagi kalo lagi ga ada kerjaan tapi jangan tiap hari juga ya jajan aci-acian ini.

4. Seblak


Pedes-pedes gurih ini emang lagi jadi makanan yang naik daun dengan berbagai modifikasi dan topping pilihan yang dapat ditambahkan. Nah makanan yang dari bahan pokok kerupuk tersebut dapat dijadikan lebih bergizi dengan menambahkan sayur-sayuran, daging ayam atau daging sapi. Walaupun suka yang pedes-pedes tetap ya ingat jangan keseringan konsumsinya.

5. Aneka gorengan  


Jajanan satu ini juga murah meriah dengan berbagai varian seperti tempe, tahu, pisang, dan lainnya. Bukan bahan dasarnya yang tidak bernutrisi tapi karena telah dilumuri dengan tepung dan digoreng dengan minyak (apalagi minyak jelantah) menjadikan nutrisinya berkurang bahkan mengakibatkan kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.



Load disqus comments

0 comments